server linux

untuk aplikasi jaringan komputer dan internet,,linux memiliki keunggulan yang lebih di banding dengan windows, berikut keunggulan server linux dari pada windows:

-server linux tidak mudah kena virus,, (^_^ kan blm ada virusnya......wkwkwk)
-konsep proxy untuk memaksimalkan internet merupakan konsep dari linux ( kalo wondows cuma di share aja kan???)
-security linux lebih handal, karena memakai iptables ( belum ada tuh yg bisa bobol iptables???)
- untuk server linux komputer tidak terlalu bagus juga bisa jalan....
-pokoknya banyak dech,, aplikasi jaringan linux yg tidak dipunya oleh windows..
-dan yg pasti...linux tu opensource bro,,,,,

untuk aplikasi server linux antara lain seperti ini:

- proxy
digunakan untuk menyimpan cache browsing internet,,jadi kalo banyak yg browsing dengan URL yg sama,,maka cukup mengambil dari cache proxy saja,,jd internet lebih maksimal.
untuk aplikasi proxy, linux memiliki squid, dan yg terbaru sudah ada squid 3. untuk memaksimalkan, squid bisa dipadukan dengan iptables untuk membuat transparent proxy.

-mail server
untuk membuat mail server,linux mempunya banyak sekali paket2,postfix, sendmail,qmail, pop3,imap, dan untuk membuat mail berbasis web linux memakai squirrelmail.

-DHCP server
serverini untuk memberikan ip address kpda komputer client secara dynamic. jadi kita tidak perlu menyetting satu-satu ip address untuk masing2 client. meskipun bersifat dynamic, namun ip address yg di berikan ke client bisa disetting statis untuk MAC address client tertentu. untuk aplikasinya bisa memakai dhcp-server.

-LTSP server
(Linux terminal server Project). aplikasinya kurang lebih seperti ini, satu server linux LTSP dihubungkan pada jaringan. kemudian clientnya spek komputernya bisa lebih rendah (baca:pentium II) tanpa hardisk,nanti client itu disetting booting lewat jaringan, dan akan mengambil kernel pada server LTSP untuk dijadikan virtual os nya.

dan masih banyak lagi server2yg bisa di bangun dari linux.... ntar aja dilanjut,,,ok

2 komentar:

  1. mas kalo LTSP buatnya susah g???

    BalasHapus
  2. g susah kok, apalgi kalo pake edubuntu. tinggal install yang mode LTSP aja,, kalo intall manual pakai linux distro lain bisa juga,, tapi agak ribet konfigurasinya..

    BalasHapus