setting mikrotik

banyak sekali pengguna mikrotik yg membeli router + mini pci powernya gila2an.bahkan skrang ada minipci yg 1 watt,,padahal kan standartnya maksimal cuma 100mWatt. namun jika kita beli routerboard yg harganya terbilang lumayan tersebut tidak akan maksimal jika settingan kita tidak tepat.

banyak anggapan yang salah dan kalo dipikirbodoh sekali,,seperti menggunakan power yang besar, atau bahkan banyk yg menggunakan bosster. padahal kan harganya g murah tuh....

berikut saya berikan tips buat setting mikrotik agar kerjanya maksimaldan tidak boros duit... he..6x

beberapa persepsi yg harus diluruskan:

- penggunaan power yang besar atau booster, akan berakibat latency semakin besar dan bandwith akan turun drastis,,,makanya kita gunakan power yg standart aja...kalo kita lihat satelit,,itu boosternya cuma 3-5 watt dengan jarak ribuan kilometer,,nah wifi paling juga g sampe 200km... :)

- pemilihan perangkat yg tepat,, banyak temen2 kita disana yang menekan biaya untuk membeli perangkat,, alhasil malah tenaga dan uang lebih banyak keluar karena produk yg dibeli tidak sesuai fungsinya akan bikincapek saja.... kaloalat yg kita punya memadai kan juga mempermudah kerja kita,, kita tidak terlalu capek.... tidur bisa tenang....

untuk settingnya,, saya share aja tips2 berikut:

- settingan yg terpenting adalah menentukan band dan frekuensi yang akan kita pake. pada banyak kasus,channel frekuensi sudah penuh oleh pengguna2 2.4 lainnya. untuk mengatasi hal tersebut,, kita bisa memakai frekuensi 2.3 GHz. namuan frekuensi 2.3 yang tinggi aja....seperti 2394 , 2398 dskitarnya agar nanti tidak kena sweeping.

-untuk mengetahui hasil sinyalnya,,bisakitalihat dengan software netstumbler.... kita lihat aja perbedaan output sinyal dengan beberapa frekuensi,,nanti kan kelihatan frekuensi berapa yg pas kita pake.

- pemilihan antenna. halini sangat penting...pemilihan antenna harus sesuai yang kita butuhkan,, kalo jarak dekat ya pake omni sama grid 21 dBi aja. tapi kalo jarakjauh jangan coba2 kalo g mau capek sendiri, untukjarakjauh bagusnya pake sektoral waveguide dan grid 24 dBi.

ok,, tadi adalah tips2 yg mngkin berguna bagi temen2,,dilain waktu saya akan posting lagi... ok

1 komentar: